My World of Entrepreneurship

Tuesday, May 09, 2006

Mulailah Sekarang Juga

"Do what you can, with what you have, right where you are."
-Theodore Rosevelt-

Suatu saat saya diundang salah satu PTN di Surabaya untuk memberikan kuliah umum. Kuliah umum itu untuk mahasiswa dari seluruh jurusan di PTN itu yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pada saat saya dihubungi untuk memberikan kuliah tersebut, saya diminta memberikan penekanan kuliah saya pada masalah membangkitkan motivasi berwirausaha. Saya menyanggupinya.

Ketika saya datang, lebih kurang 300 mahasiswa menghadiri kuliah tersebut. Tapi saya kaget, karena di dinding depan ruang kuliah terpampang spanduk dengan tulisan besar "KIAT SUKSES BERWIRAUSAHA". Wah, ini bukan untuk mahasiswa yang butuh motivasi, ini mah untuk mahasiswa yang sudah termotivasi. Setelah acara seremonial berupa ucapan "sekapur sirih" dari salah satu pejabat rektorat dan pembukaan dari moderator, saya dipersilahkan memberikan kuliah saya.

Saya langsung katakan, jika tema kuliah hari ini berjudul "Kiat Sukses Beriwirausaha", maka kuliah ini tidak perlu berlangsung dua jam (waktu yang diberikan kepada saya). Cukup 10 detik, karena saya cukup mengatakan dua kalimat. Kalimat pertama, "Segeralah Anda keluar dari PTN ini." Kalimat kedua, "Segeralah Anda memulai bewirausaha." Semua yang hadir di ruang kuliah itu, bukan hanya mahasiswanya, tapi juga para dosen yang hadir di ruang kuliah itu, langsung terbengong-bengong.

Walaupun kuliah umum tersebut beserta tanya jawabnya berakhir tiga jam kemudian, setelah saya mengubah topiknya, salah satu kesimpulan yang diambil oleh para peserta agar sukses berwirausaha adalah: "MULAILAH SEKARANG JUGA".

1 Comments:

  • At 10:40 PM, Blogger Guntar said…

    Kalimat pertama, "Segeralah Anda keluar dari PTN ini." Kalimat kedua, "Segeralah Anda memulai bewirausaha."

    Tampaknya saya butuh penjelasan nih,krn ada persepsi bhw kuliah tidaklah penting.Jk memang demikian yg dimaksud,maka ijinkanlah saya untuk tidak bersepakat.

     

Post a Comment

<< Home